Blog Post

Cakep! > News > Sejarah > Indah dan Terjaga, Inilah Makam Petinggi Dinasti Ming yang Baru Ditemukan
makam dinasti ming

Indah dan Terjaga, Inilah Makam Petinggi Dinasti Ming yang Baru Ditemukan

TIONGKOK, CAKEP.ID — Sebuah makam yang berasal dari jaman pertengahan Dinasti Ming telah digali di provinsi Shanxi, Tiongkok, mengungkap kekayaan objek pemakaman yang diawetkan dengan indah yang menceritakan kisah kehidupan kekaisaran.

Dirilis dari Media Weixin, Minggu (7/3/2024), Para arkeolog Tiongkok menyatakan bahwa penemuan harta milik seorang pejabat istana tersebut sangat langka, bahkan bagian luar makam tersebut berada dalam kondisi sangat baik

Pejabat pemilik makam, Wang Luo, memiliki selera yang tinggi ketika ia mengelola kota Xinzhou atas nama pegawai negeri kekaisaran, dan ini tercermin dalam kekayaan benda-benda kayu dan keramik yang menghiasi makamnya, yang ditulis untuk menghormatinya.

“Dipercayakan oleh Dinasti Ming untuk mengabdi di istana sebagai pejabat istana,” demikian bunyi peti matinya yang terbuat dari kayu cokelat yang dilukis dengan berlian dan bunga.

Di sekeliling makam itu terdapat tanda-tanda jabatan tinggi. Sebuah meja dan kursi kayu berornamen terletak di salah satu ruangan, yang di atasnya terdapat tempat lilin, pembakar dupa, patung kayu yang dicat, batu tinta, kuas, dan tempat kuas. Sebuah kursi cantik dari kayu berpernis dengan desain emas dan hitam serta gambar naga terletak di belakang meja.

Meja-meja lain mempunyai mangkuk dan pot dari keramik dan batu, yang dalam kondisi sangat awet, memberikan kesan seperti belum lama ini ada makanan yang dibagikan di atasnya.

kredit: Institut Arkeologi Shanxi, dirilis

 

“Ini jarang terjadi di Xinzhou dan bahkan di seluruh provinsi. Ini memberikan informasi fisik yang berharga untuk mempelajari bentuk makam Dinasti Ming setempat, kehidupan sosial, dan adat istiadat penguburan,” tulis para ilmuwan dalam pengumuman tentang penemuan mereka.

Makam itu ditemukan sebagai bagian dari penemuan monumental di Distrik Xinfu yang mengidentifikasi semacam “Lembah Para Pejabat” yang dipinjam dari Lembah Para Raja Mesir yang terkenal.

Dekorasi di dalam makam – kredit: Institut Arkeologi Shanxi.

Terdapat 66 makam berasal dari Kebudayaan Longshan yang hampir Neolitikum, hingga Periode Negara-negara Berperang, dan hampir semua dinasti kekaisaran yang paling penting, termasuk dinasti Han, Tang, Jin, Yuan, Ming, dan Qing, meliputi sekitar 1.500 tahun.

 

Mereka ditemukan selama penataan kembali Jalan Raya Nasional Tiongkok 108, dan makam Wang Luo ditemukan di teras batu bata dekat desa Hexitou.

Kursi ditemukan di ruang belakang – kredit: Institut Arkeologi Shanxi.

Berbentuk seperti tanda tambahan, pintu batu dan serambi yang indah diukir dengan jalinan bunga. Sebuah koridor menuju ke ruang tengah, yang panjangnya sekitar 75 kaki. (*)

Sumber: Weixin
Editor: Kiya Sofia