Blog Post

Cakep! > News > Gaya Hidup > Hal Yang Perlu Dipersiapkan Oleh Anak Kita Jelang Ramadan
Hal Ini Yang Perlu Dipersiapkan Oleh Anak Kita Jelang Bulan Ramadan

Hal Yang Perlu Dipersiapkan Oleh Anak Kita Jelang Ramadan

MAKASSAR, CAKEP.ID —  Sebentar lagi Anak kita memasuki bulan Ramadan, Bulan yang penuh Makna dan amalan untuk umat beragama Islam. Tua muda hingga anak-anak menyambut bulan Ramadan, yang pada Tahun 2024 ini Tanggal 10 Maret merupakan tanggal 1 Ramadan 1445 Hijriyah.

Nah, untuk anak kita, tentunya belum terlalu paham tentang bulan Ramadan ini termasuk ibadah yang dilakukan didalamnya.

Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh anak-anak jelang bulan Ramadhan:

1. Pengetahuan tentang Ramadhan

Yang terutama adalah dengan menjelaskan kepada mereka tentang makna dan tujuan puasa Ramadhan dengan cara yang mudah dimengerti, menceritakan tentang keistimewaan bulan Ramadhan dan berbagai ibadah yang dianjurkan. Kemudian mengajak mereka untuk membaca buku cerita atau menonton video edukasi tentang Ramadhan.

2. Persiapan fisik

Melatih anak untuk bangun sahur bukanlah hal yang mudah namun harus dilakukan secara bertahap dan mempersiapkan makan sahur dengan makanan bergizi. Biasakan untuk minum air putih yang cukup selama berpuasa. Mereka tetap diajak untuk melakukan aktivitas fisik yang ringan agar tetap sehat dan bugar.

3. Persiapan mental

Hal penting lainnya adalah menanamkan rasa senang dan semangat pada mereka untuk menyambut bulan Ramadan. Anak-anak harus dimotivasi untuk menyelesaikan puasa dengan penuh kesabaran dan keikhlasan. Kemudian berikan mereka pujian dan hadiah kepada anak atas usaha mereka dalam menjalankan puasa.

4. Persiapan ibadah:

Hal yang tak kalah penting adalah mengajarkan anak tentang tata cara shalat tarawih dan tadarus Al-Quran. Siapkan peralatan ibadah seperti mukena, sarung, dan Al-Quran dan mengajak mereka untuk mengikuti kegiatan keagamaan di masjid atau mushola.

5. Persiapan lainnya:

Kita siapkan pakaian yang nyaman untuk dipakai saat berpuasa, termasuk menyiapkan makanan dan minuman yang bergizi untuk sahur dan buka puasa.

Menciptakan suasana yang kondusif di rumah agar mereka dapat fokus beribadah. Semoga dengan mempersiapkan diri dengan baik, anak-anak akan lebih siap untuk menyambut dan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Tips Untuk Kita:

  1. Libatkan mereka dalam persiapan menyambut bulan Ramadhan, seperti menyiapkan dekorasi rumah atau membuat menu sahur dan buka puasa.
  2. Buatlah suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif agar mereka lebih mudah memahami tentang Ramadhan.
  3. Berikan contoh yang baik kepada mereka dengan menunjukkan semangat dan antusiasme dalam menyambut bulan Ramadhan.

Semoga bulan Ramadhan tahun ini menjadi momen yang penuh berkah dan manfaat bagi anak kita dan keluarga. (*)

Sumber: Internet
Editor: Kiya Sofia