Blog Post

Cakep! > News > Gaya Hidup > Cakep, Ini Sepatu Dari Bubuk Kopi dan Plastik Daur Ulang Yang Tahan Air Dan Nyaman

Cakep, Ini Sepatu Dari Bubuk Kopi dan Plastik Daur Ulang Yang Tahan Air Dan Nyaman

FINLANDIA, CAKEP! — Kali ini berita gembira tentang pemanfaatan limbah lingkungan muncul dari terobosan baru perusahaan statup asal Finlandia yang memanfaatkan limbah ampas kopi dan plastik menjadi produk sepatu kets yang keren.

Artikel ini bukanlah untuk mengiklankan suatu produk namun lebih pada menginformasikan suatu solusi untuk mengelola limbah dan menghasilkan produk yang bermanfaat untuk masyarakat.

Di beberapa tempat di Indonesia, pernah menghasilkan berbagai produk dari limbah kopi ini, seperti arang untuk bahan bakar, pot tanaman dan banyak produk lainnya. Namun terobosan satu ini adalah hal yang sangat baru dan tentunya sangat menarik. 

Produksi sepatu pabrikan Rens ini menghabiskan 21 cangkir kopi dan 6 botol plastik daur ulang untuk lapisan luar setiap pasang sepatu. Sepatu Rens ini hadir dalam 9 warna berbeda, tahan air serta sangat nyaman digunakan. Selain itu, sepatu ini dapat menyerap bau dan dirancang agar mudah dilepas dan dipakai.

Jesse Tran, salah satu pendiri Rens, menjelaskan ingin melakukan sesuatu untuk membantu mengurangi limbah karbon di masyarakat sambil menawarkan sepatu sehari-hari yang fungsional dan tentunya modis.

Gambar produk dari laman website amazon.

 

“Seiring meningkatnya kesadaran lingkungan, begitu pula pengetahuan tentang ekonomi sirkular. Sepatu yang terbuat dari ampas kopi daur ulang mungkin tampak baru bagi sebagian orang, namun kami dengan sepenuh hati percaya bahwa ini hanyalah awal dari sebuah revolusi dalam teknologi dan manufaktur garmen,” kata Tran.

Ide ini memang hal yang baru bagi sebagian orang dan sejauh ini sudah ada sebanyak 250 ribu botol air dan limbah dari 750 ribu cangkir kopi telah diproduksi menjadi sepatu. Limbah bubuk kopi dimasukkan dalam lingkungan bersuhu rendah bersama plastik daur ulang untuk membuat benang kopi lalu dipintal menjadi lapisan untuk bagian atas sepatu, sementara plastik daur ulang dijadikan komponen sepatu lainnya, kemudian untuk sol sepatunya dibuat dari dan getah pohon.

Meskipun harganya cukup kompetitif di $ 119 atau sekitar 1,67 juta di Amazon, mereka juga menawarkan pengiriman gratis untuk beberapa area, jaminan 1 tahun untuk teknologi anti air mereka, dan jaminan uang kembali 30 hari juga.

Sumber: Website
Editor: Kiya Sofia