Blog Post

Cakep! > News > Gaya Hidup > Keren! Gambar Ikan Hiu Ini Jadi Foto Bawah Laut Terbaik Tahun ini!

Keren! Gambar Ikan Hiu Ini Jadi Foto Bawah Laut Terbaik Tahun ini!

INGGRIS, CAKEP.ID — Sebuah foto menakjubkan dari lima hiu paus, sedang makan bersama pada malam hari di perairan Maladewa telah memenangkan kontes Fotografer Bawah Air Tahun 2022.

Rafael Fernandez Caballero dari Spanyol memenangkan lebih dari 4.200 gambar bawah air yang dimasukkan oleh fotografer dari 71 negara. Foto tersebut menangkap peristiwa laut yang unik, yang diambil dalam kondisi fotografi yang menuntut.

Gambar: © RafaelFernandez Caballero / UPY2022

Giants Of The Night” menampilkan lima hiu paus, ikan terbesar di dunia, makan bersama di plankton nokturnal yang terkonsentrasi di lampu perahu. “Sungguh luar biasa ketika seekor hiu paus datang ke perahu kami,” jelas Fernandez. “Tapi semakin banyak yang terus berdatangan. Saya menyelam dengan Gador Muntaner, seorang peneliti hiu, yang tidak bisa mempercayainya, karena jumlah mereka terus bertambah.”

“Dia menghitung 11 hiu malam itu – pertemuan sekali seumur hidup yang tidak pernah terpikirkan oleh siapa pun.”

Juri kompetisi, Peter Rowlands, berkomentar, “gambar ini membuat saya terkesima sejak pertama kali menonton dan saya tidak pernah lelah untuk kembali lagi.” Hakim Alex Mustard berkata, “fotografi membutuhkan cahaya— dan hanya merekam raksasa ini di lautan yang gelap adalah pencapaian besar.”

Didirikan pada tahun 1965 oleh Rowlands, seorang fotografer Inggris, Kontes Fotografer Bawah Air Tahun Ini memiliki 13 kategori, menguji fotografer dengan tema seperti Makro, Sudut Lebar, Perilaku—serta kategori untuk foto yang diambil secara khusus di perairan Inggris.

Sementara itu di event ini juga, Matty Smith, yang sekarang tinggal di Australia, dinobatkan sebagai Fotografer Bawah Laut Inggris Tahun 2022 untuk potret hiu putih besar yang diambil di Kepulauan Neptunus, Australia Selatan.

Gambar: © MatthewSmith / UPY2022

Untuk menghasilkan “Great White Split” Smith membangun port kubah supersize khusus untuk kameranya, serta tiang karbon dan pemicu jarak jauh untuk memungkinkan dia mendapatkan perspektif luar biasa ini.

Smith menjelaskan bahwa dia ingin memotret potret over/under yang sangat baik selama bertahun-tahun. “Beberapa teknik yang sebelumnya saya coba sangat gagal, jadi kali ini saya merancang dan membuat peralatan saya sendiri untuk mendapatkan kamera tepat di tempat yang saya inginkan. Anehnya, hiu itu langsung tertarik ke kamera, sebenarnya itu adalah pertempuran untuk menghentikan mereka menggigitnya! ”Jelasnya.

Berikut hasil foto yang ikut serta dalam kompetisi foto bawah laut tahun 2022 ini:

[ngg src=”galleries” ids=”14″ display=”basic_slideshow” autoplay=”0″ arrows=”1″ transition_style=”slide”] 

Sumber: UPY – 2022
Editor: Kiya Sofia