Blog Post

Cakep! > News > Budaya > Para Pakar Branding Bicara tentang Membangun Personal Brand

Para Pakar Branding Bicara tentang Membangun Personal Brand

CAKEP.ID — Personal branding adalah konsep yang relatif baru. Seorang pakar manajemen, Tom Peters, menciptakan istilah ini pada tahun 1997, dan pada saat itu kebanyakan orang masih memandang strategi membangun citra sebagai bidang selebritas. Namun, dengan ledakan teknologi sosial, banyak profesional mulai memanfaatkan peluang untuk meningkatkan reputasi mereka.

Jadi di mana Anda harus mulai membangun merek Anda sendiri? Berikut ini ada tujuh strategi dari pakar pemasaran terkemuka di dunia yang mengangkat branding menjadi seni:

 

1. David Meerman Scott: Miliki Hasil Google Anda

Dikenal karena buku terlarisnya, Aturan Baru Pemasaran dan Humas, Scott memahami di awal kariernya bahwa ia perlu menonjol secara online. Jika Anda Google “David Scott,” seorang anggota Kongres AS dari Georgia menempati urutan pertama, dan pakar pemasaran, sepopuler mungkin, tidak dapat bersaing dengan pol nasional. Solusi Scott: Dia mencap dirinya sebagai “David Meerman Scott” bukan hanya “David Scott.” Google nama itu, dan kontennya muncul lebih dulu.

 

2. Gary Vaynerchuk: Bersikap Baik kepada Semua Orang

Melalui blog videonya, Wine Library TV, Vaynerchuk memperluas bisnis minumannya dan menjadi guru media sosial, menerbitkan buku karir Crush It! Kredo pribadi Gary yaitu, bersikap baik kepada semua orang, masuk ke toko, buku, dan blognya, dan sebagai hasilnya kalian bisa menjadi penggemar setianya.

3. Seth Godin: Tonjolkan Kemasan Anda

Seorang agen perubahan yang menggambarkan dirinya sendiri dan penulis beberapa buku terlaris, termasuk Linchpin, Godin menulis blog populer dan merupakan pembicara yang dicari karena pemikiran yang konsisten. Dia berpendapat bahwa dalam ekonomi global yang semakin kompetitif, melakukan pekerjaan yang baik saja tidak cukup. Profesional perlu membuat diri mereka “sangat diperlukan” dengan bersedia untuk berdiri terpisah dari kawanan dan menyuarakan wawasan asli mereka.

 

4. Steve Rubel: Sandingkan Diri Anda ke Merek yang Lebih Besar

Sebagai seorang blogger, Rubel adalah salah satu pemimpin pemikiran di ruang media sosial. Dia juga wakil presiden senior untuk Edelman Digital, divisi online dari agensi humas raksasa. Dengan bekerja untuk merek yang diakui dan dihormati, ia memperoleh kredibilitas instan dan dengan cepat menjadi sumber media utama untuk kebijaksanaan di industri ini.

5. Tim Ferriss: Membuat Orang Berbicara Tentang Anda

Penulis 4-Hour Workweek adalah ahli dalam menciptakan buzz, menggunakan media online serta media arus utama tradisional untuk mengubah bukunya menjadi buku terlaris. Sementara Ferris diwawancarai di Today Show, dia mengatakan bahwa ulasan oleh seorang blogger berpengaruh, Robert Scoble, adalah yang benar-benar membawa bukunya ke tempat nomor satu dalam daftar buku terlaris Amazon. Faktanya, karena konten online tidak pernah hilang, penyebutan di blog dapat memiliki umur simpan yang lama, membantu Anda memasarkan merek Anda jauh setelah buku atau produk dirilis. [foto: Tim Ferris]

 

6. John Jantsch: Fokus, Fokus, Fokus

Jantsch telah membangun bisnis konsultasi yang sukses, Duct Tape Marketing, membantu mengembangkan solusi pemasaran untuk usaha kecil. Rahasia kesuksesannya adalah Dia fokus tanpa henti pada bidang ini, menghasilkan nama yang menarik untuk mereknya, dan meletakkan nama itu di blog, buku, kolom, dan lokakaryanya.

 

7. Keith Ferrazzi: Memberi Sebelum Anda Menerima

Jika Anda ingin membangun jaringan yang kuat dan orang semangat mendukung dan percaya pada Anda, Anda harus murah hati. Itu kata Ferrazi, seorang konsultan hubungan bisnis dan penulis buku terlaris tentang ‘Networking, Never Eat Alone’. Alih-alih meminta bantuan orang, tanyakan “Apa yang bisa saya lakukan untuk Anda?”, Maka Anda akan kagum pada berapa banyak orang yang akan berubah menjadi penggemar Anda. (*)