Blog Post

Cakep! > News > Parenting > Tips Liburan Bersama Keluarga Agar Perjalanan Lebih Menyenangkan
Tips Liburan Bersama Keluarga Agar Perjalanan Nyaman dan Menyenangkan

Tips Liburan Bersama Keluarga Agar Perjalanan Lebih Menyenangkan

JAKARTA, CAKEP.ID — Mengisi waktu liburan panjang saat cuti lebaran ini tentunya ditunggu-tunggu oleh warga Indonesia karena sejak 2 tahun belakang ini, Pemerintah tidak memperbolehkan untuk mudik atau berlibur ke kampung halaman maupun karena terkendala penyebaran Pandemi Covid-19.

Sejak jauh hari pastinya telah dipersiapkan untuk mudik dan liburan ini apalagi buat keluarga yang memiliki anak kecil atau keluarga besar, tentunya permasalahan kecil sudah dipikirkan untuk menanggulangi masalah yang terjadi selama liburan. Nah,  agar persiapan perjalanan saat liburan nanti bisa lebih nyaman dan aman. Berikut ini tips persiapan liburan bersama keluarga cakep yang bisa diaplikasikan.

Memastikan Seluruh Keluarga Dalam Keadaan Sehat

Hal terpenting saat hendak berlibur apalagi dengan membawa serta anak-anak adalah memeriksa kondisi kesehatan mereka. Pastikan anak dalam sehat. Daya tahan anak-anak berbeda dengan orang dewasa. Untuk Ayahbunda, ada baiknya telah melakukan vaksinasi lengkap Covid-19 dan selalu menggunakan masker selama perjalanan.

Membawa Bekal Makanan Kesukaan Keluarga

Dengan membawa makanan kesukaan selama perjalanan, Baik orang tua maupun anak-anak akan merasa senang dan gembira meskipun dalam perjalanan yang cukup lama. Ini juga membantu mengurangi interaksi kita bertemu dengan orang banyak karena tidak singgah di warung makan dalam perjalanan. Jangan sampai keluarga kelaparan di tengah jalan, kan!

Mempersiapkan Baju Ganti Yang Cukup

Banyak hal yang bisa terjadi selama perjalan selama liburan, pakaian ganti adalah hal yang harus dipersiapkan apalagi untuk anak-anak. Mengganti pakaian untuk anak-anak yang basah, terkena muntah atau keringat tentunya bisa menjaga kenyamanan dalam perjalanan.

Memilih Alat Transportasi yang Tepat

Pastikan alat transportasi yang Anda gunakan bisa membuat anak-anak Anda nyaman. Jika memang anak-anak Anda masih balita pastikan mereka bisa tidur atau beristirahat dengan nyaman tanpa harus kepanasan. Anda pastinya tidak mau kalau kondisi kesehatan anak Anda menurun pasca berlibur bersama bukan?

Membawa Obat-Obatan

Membawa obat-obatan seperti pereda demam, obat anti mabuk, minyak kayu putih, obat merah dan plester untuk persiapan. Tentunya, kita nggak pernah mau kejadian buruk terjadi selama perjalanan apalagi saat Anda berlibur. Jadi sebisa mungkin cobalah untuk membawa obat-obatan tersebut selama perjalanan bersama dengan anak-anak.

 

Memilih Tempat Wisata yang Ramah Anak

Kita bisa mencari tempat wisata yang ramah anak, misalnya tempat wisata yang memang menyediakan tempat bermain atau memang tempat wisata yang edukatif untuk anak-anak Anda. Tentunya standar protokol kesehatan diterapkan dalam wahana atau tempat wisata tersebut.

Selalu Tenang Dalam Setiap Keadaan

Tidak ada yang bisa memprediksi apapun yang terjadi selama perjalan atau masa liburan. Bersikap tenang adalah hal yang harus kita ciptakan bersama keluarga. Beberapa hal yang bisa dipersiapkan adalah menyiapkan pulsa dan kuota data yang cukup untuk mengakses informasi di jalan atau daerah setempat dan bisa melakukan panggilan darurat  saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Jika kita menggunakan kendaraan pribadi, persiapkan P3K untuk antisipasi kegawat-darurat-an diperjalanan, juga bisa tetap selalu berkomunikasi bersama keluarga agar suasana selalu riang dan menyenangkan.

Pasti banyak hal yang sudah dipersiapkan bukan, dan semoga aman dan lancar selama dalam perjalanan dan liburan Anda nanti.

 

Penulis : Kiya Sofia