Blog Post

Cakep! > News > Inspirasi > Penguin Ini Berenang Ribuan Kilo Tiap Tahun Untuk Reuni Dengan Pria Penyelamat Hidupnya.

Penguin Ini Berenang Ribuan Kilo Tiap Tahun Untuk Reuni Dengan Pria Penyelamat Hidupnya.

RIO DE JANEIRO, CAKEP! — Penguin Magellan Amerika Selatan kecil yang mengagumkan ini, Dindim,  ini berenang 5.000 mil atau lebih dari 8000 km, ke sebuah pantai di Brasil setiap tahun untuk dipersatukan kembali dengan Joao, pria yang menyelamatkan hidupnya!. ini kedengarannya seperti sesuatu yang berasal dari dongeng, tetapi itu sebenarnya benar adanya.

Pensiunan tukang batu berusia 71 tahun dan nelayan paruh waktu Joao Pereira de Souza, yang tinggal di sebuah desa pulau di luar Rio de Janeiro, Brasil, menemukan penguin Magellan kecil yang tergeletak di bebatuan di pantai setempat pada 2011.

Dikutip dari portal Independent.co.uk, Penguin itu tertutupi minyak dan kehabisan waktu dengan cepat. Joao menyelamatkan penguin tersebut dan menamainya Dindim, membersihkan minyak dari bulunya dan memberinya makan ikan setiap hari untuk mengembalikan tenaganya.

Setelah satu minggu rehabilitasi, Joao berusaha melepaskan Dindim kembali ke habitatnya. Namun, Dindim telah membentuk ikatan keluarga dengan penyelamatnya dan tidak mau pergi.

“Dia tinggal bersama saya selama 11 bulan dan kemudian, tepat setelah dia mengganti tubuhnya ditumbuhi bulu-bulu baru, dia menghilang,” kenang Joao.

Binatang lucu itu tidak pergi lama dan hanya beberapa bulan kemudian, dia kembali ke pantai yang sama. Dia melihat Joao memancing dan mengikutinya pulang, kemudian tinggal bersamanya selama sisa tahun ini.

Hebatnya, siklus ini terus berlanjut selama lima tahun terakhir; setiap tahun Dindim menghabiskan sekitar delapan bulan dengan Joao dan diyakini menghabiskan sisa waktu berkembang biak di lepas pantai Argentina dan Chili.

Diperkirakan dia berenang hingga lebih dari 8000 km setiap tahun untuk dipersatukan kembali dengan pria yang menyelamatkan hidupnya. Ini menunjukkan betapa kompleksnya hewan ini dengan rangkaian pengangalaman emosi yang dialaminya.

“Saya suka penguin seperti anak saya sendiri dan saya percaya penguin itu mencintai saya, tidak ada orang lain yang diizinkan menyentuhnya. Dia berbaring di pangkuanku, membiarkannya beraktifitas hingga mengizinkanku memberinya makan ikan sarden dan menjemputnya” kata Joao kepada Globo TV.

Profesor Krajewski, ahli biologi yang mewawancarai nelayan untuk Globo TV, mengatakan kepada The Independent: “Saya belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya. Saya pikir penguin percaya bahwa Joao adalah bagian dari keluarganya dan mungkin juga penguin. Ketika dia melihatnya, dia mengibaskan ekornya seperti anjing dan membunyikan klakson dengan gembira.”

Sumber: Independent
Dikutip Oleh: Kiya Sofia