Blog Post

Cakep! > News > Ekobis > 7 Hal Kembangkan Desa Anda Agar Lebih Maju dan Sejahtera
7 Hal Kembangkan Desa Anda Agar Lebih Maju dan Sejahtera

7 Hal Kembangkan Desa Anda Agar Lebih Maju dan Sejahtera

Cakep.id — Berbagai program yang dilaksanakan mulai dari Pemerintah Pusat hingga lingkup pemerintah terbawah seperti desa untuk mengembangkan daerah maupun potensi daerah yang ada untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Data Badan Pusat Statistik tentang penduduk miskin di daerah tertinggal di tahun 2022 sebesar 24,56% (hanya turun 1% dari data tahun 2021 yaitu sebesar 25,50%), serta masih terdapat 62 daerah tertinggal dari seluruh daerah di Indonesia.

Tentunya, program-program yang telah dan akan dilaksanakan untuk menyeimbangkan pengembangan daerah apalagi di desa-desa yang terpencil dan kota dengan segala dinamika dan problematikanya dan dengan pemetaan potensi yang ada agar pembangunan yang dilakukan tidak asal jadi dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Beberapa ide yang berpotensi membantu untuk memperbaiki dan mengembangkan daerah dan juga desa terpencil, diantaranya sebagai berikut:

Pembangunan infrastruktur

Salah satu masalah utama yang dihadapi desa-desa terpencil adalah infrastruktur yang buruk. Membangun jalan, jembatan, dan infrastruktur dasar lainnya dapat meningkatkan akses ke layanan penting seperti perawatan kesehatan, pendidikan, dan pasar.

 

Energi terbarukan

Desa-desa terpencil seringkali tidak memiliki akses ke listrik yang dapat diandalkan. Memasang sumber energi terbarukan seperti panel surya, turbin angin, atau pembangkit listrik tenaga air dapat membantu menyediakan sumber daya yang berkelanjutan dan andal.

 

Pendidikan

Penyediaan akses pendidikan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat di desa-desa terpencil. Ini bisa termasuk membangun sekolah, memberikan pelatihan guru, dan menawarkan beasiswa kepada siswa yang ingin melanjutkan pendidikan lebih lanjut.

 

Layanan kesehatan

Meningkatkan akses ke layanan kesehatan dapat membantu mengatasi masalah kesehatan yang umum terjadi di desa-desa terpencil. Ini bisa termasuk membangun klinik, memberikan pelatihan bagi petugas layanan kesehatan, dan meningkatkan akses ke obat-obatan esensial.

 

Pertanian

Banyak desa terpencil bergantung pada pertanian untuk mata pencaharian mereka. Memberikan dukungan untuk pertanian, seperti akses ke benih, pupuk, dan pelatihan teknik pertanian modern dapat membantu meningkatkan hasil panen dan meningkatkan ketahanan pangan.

 

Keuangan mikro

Kurangnya akses ke keuangan dapat menjadi penghalang utama bagi masyarakat yang tinggal di desa-desa terpencil. Inisiatif keuangan mikro seperti BUMN BRI dan lainnya, dapat memberikan pinjaman kecil untuk membantu orang memulai bisnis, memperbaiki rumah mereka, atau berinvestasi di bidang pertanian.

Pemerintah dalam hal ini Perangkat Desa sedang mengembangkan berbagai usaha andalan daerah dengan menggerakkan BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) yang didalamnya turut berpartisipasi pemuda lokal dan juga bimbingan dari berbagai pihak termasuk tokoh dan perusahaan-perusahaan.

Pengembangan masyarakat

Melibatkan dan mengeratkan partisipasi masyarakat lokal dalam proses pembangunan adalah hal yang sangat penting untuk perubahan yang berkelanjutan. Mendorong partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan, mendukung pemimpin lokal, dan mempromosikan kohesi sosial dapat membantu mendorong perubahan positif di desa-desa terpencil.

Termasuk jjuga dan merupakan hal penting adalah melibatkan partisipasi pemuda-pemudi dengan memberikan wadah dan hal yang mereka butuhkan untuk meningkatkan kemampuan diri untuk terlibat dalam pembangunan daerah.

(Dari berbagai sumber)