Blog Post

Cakep! > News > Gaya Hidup > Wow, 633 Penyelam Cetak Rekor Dunia Bersihkan Dasar Laut

Wow, 633 Penyelam Cetak Rekor Dunia Bersihkan Dasar Laut

FLORIDA, CAKEP! — Satu lagi rekor Guinness World Records tercipta pada hari Sabtu kemarin (17/06/2019) ketika 633 penyelam scuba mengambil sampah dari dasar samudera dekat Dermaga Pancing Internasional di Pantai Deerfield, Florida, Amerika Serikat.

Juri Guinness World Records, Michael Empric, kali ini melakukan perjalanan jauh dari New York City untuk melakukan penghitungan resmi antara pukul 9 hingga 11 pagi.

“Saya benar-benar berdiri di sana dan memastikan semua orang masuk ke dalam air,” katanya, sembari menggunakan blazer khas Guinness berwarna biru tua dan dasi tipis di suhu 30 derajat Celsius.

Penyelam masuk ke dalam laut dan diharuskan menyelam setidaknya selama 15 menit.

Seorang anak berusia 13 tahun, Dahlia Bolin, juga ikut diantara ratusan penyelam. Dia dan ibunya Rebecca datang jauh-jauh dari Mackinaw, Illinois, untuk terlibat dalam pemecahan rekor ini dan turut mengambil sampah dibawah laut.

Para penyelam Florida Selatan ingin memecahkan rekor dunia untuk pembersihan bawah air.

“Di ujung dermaga, sekitar 20 kaki ke bawah, Ada banyak sampah pemberat pancing di sana namun juga ditemukan banyak ikan yang cantik.”

Penyelam dan pemerhati lingkungan, RJ Harper, yang turut merekrut penyelam untuk acara ini melaporkan bahwa penyelam mendapatkan sekitar 730 Kg kotoran timbal dan limbah lainnya, termasuk sampah pancing yang terkubur selama bertahun-tahun.

“Dalam kegiatan ini, bukan hanya berapa banyak sampah yang dikumpulkan, akan tetapi hal yang tak kalah indahnya bahwa ada 633 penyelam turut melakukan pembersihan secara menyeluruh.”

Harper mengatakan dia berharap pembersihan ini dapat menginspirasi peserta untuk mengadakan acara pembersihan serupa di perairan dekat rumah mereka masing-masing.

“Saya punya 600 teman baru hanya hanya dari kegiatan ini,” katanya.

Tidak semua orang di pantai melakukan pemecahan rekor, Karina Corradine dan beberapa pengunjung lainnya juga sedang menikmati matahari dan berselancar bersama keluarganya sambil menonton ratusan penyelam scuba berjalan dengan susah payah melintasi air.

“Saya berharap mereka mencapai tujuan mereka,” katanya, yang juga pernah menyelam di Brazil namun tak bersertifikat sehingga tidak bisa ikut dalam kegiatan ini.

Pemilik Dixie Divers dan penyelenggara kegiatan, Arlington Pavan, awalnya nampak ragu untuk pemecahan rekor ini. “Kita tak pernah tahu. Ini angka besar (633 Penyelam), angka besar, “katanya. “Sungguh sulit melakukannya.”

Siapa pun dapat mengunjungi situs web GuinnessWorldRecords.com dan membuka aplikasinya tetapi tidak semua orang mempunyai catatan rekor tertentu dalam daftar tersebut dan mungkin perlu waktu berbulan-bulan untuk melampauinya.

“Hari ini, saya adalah mata dan telinga resmi Guinness World Records di tempat ini, kita akan tahu apakah rekor terpecahkan atau tidak dan mereka melakukannya” kata Empric.

Empric akhirnya mengumumkan rekor dihadapan 633 penyelam yang bersorak-sorai lalu diikuti oleh Pavan yang melakukan semprotan sampanye pada kerumunan penyelaman.

“Luar biasa melihat semua orang di sini, senang, luar biasa, rekor terakhir menghabiskan waktu 24 jam dan kami melakukannya hanya dalam dua jam, ini luar biasa” kata Pavan 

Rekor sebelumnya untuk penyelam terbanyak yang ambil bagian dalam pembersihan bawah air dipegang oleh Ahmed Gabr, mantan penyelam scuba Army Mesir, dengantim sebanyak 614 penyelam di Laut Merah, Mesir pada tahun 2015.

“Tidak masalah apa yang terjadi hari ini dengan Guinness World Records, yang penting adalah bahwa semua orang di luar sana terinspirasi membersihkan sekitar daerah mereka dan berusaha meningkatkan komunitasnya lebih baik lagi.” kata Empric.

 

Editor: KiyaSofia
Sumber: GoodNewsNetwork