Blog Post

Cakep! > News > Teknologi > Hanya Dengan Bersenandung Atau Bersiul ke Ponsel, Google Dapat Mengetahui Lagu Yang Anda Pikirkan
Hanya Dengan Bersenandung Atau Bersiul ke Ponsel, Google Dapat Mengetahui Lagu Yang Anda Pikirkan

Hanya Dengan Bersenandung Atau Bersiul ke Ponsel, Google Dapat Mengetahui Lagu Yang Anda Pikirkan

San Fransisco, CAKEP! — Google akhirnya meluncurkan fitur pada ponsel yang sempurna ketika Anda mengingat nada sebuah lagu di kepala Anda tanpa mengetahui kata-katanya dengan meluncurkan fitur “Hum To Search“, yang memungkinkan para pengguna hanya dengan bersenandung, bersiul, atau bernyanyi selama 10-15 detik untuk mengidentifikasi sebuah lagu.

Dirilis dari blog Google, The Keyword, Kamis (15/10/2020) “Hum To Search” diluncurkan hari ini di aplikasi Google untuk iOS dan Android, Pengguna juga dapat bersiul atau bernyanyi langsung ke mikrofon selama 10-15 detik, lalu teknologi tersebut mengambil melodi lagu dan mengubahnya menjadi urutan kode berbasis angka.

Kemudian urutan kode itu digunakan untuk “mengidentifikasi lagu berdasarkan berbagai sumber, termasuk nyanyian manusia, siulan atau senandung, serta hasil rekaman. Urutan kode ini juga bisa meminimalisasi kebisingan luar lainnya, seperti instrumen pengiring dan gangguan suara lainnya.

Sebelumnya, Google meluncurkan AI (Artificial Inteligence) pengenal musik pada tahun 2017 dengan produk ponsel Pixel 2-nya, yang merupakan upaya skala kecil untuk memungkinkan ponsel dapat mengidentifikasi musik, bahkan tanpa koneksi internet. Tahun berikutnya, perusahaan memperluas AI ke aplikasi, di mana pengguna dapat menanyakan aplikasi lagu apa yang sedang diputar.

Teknologi tersebut tidak mengharuskan pengguna menyanyi dengan sempurna, namun hanya mengetahui nadanya saja. Setelah hasilnya muncul, pengguna dapat memilih lagu yang menurut mereka paling sesuai dengan yang diharapkan.

Hasil yang muncul juga menyertakan video musik, analisa lagu, bahkan semua cover yang tersedia untuk lagu tersebut dan juga tautan untuk mendengarkan hasil lagu itu pada layanan streaming.

Teknologi ini berfungsi di aplikasi Asisten Google. Fitur tersebut saat ini tersedia dalam 20 bahasa dan Google berharap dapat menambahkan bahasa di masa mendatang.

Jadi, lain kali jika Anda tidak dapat mengingat nama dari beberapa lagu menarik yang Anda dengar di radio atau lagu klasik yang disukai orang tua Anda, mulailah bersenandung. Anda akan mendapatkan jawabannya dalam waktu yang sangat singkat.

Sumber: Google Blog
Editor: Ayman